kembar

| |


Kadang seorang ibu ingin banget punya anak kembar alasannya ya macam-macam ada yang bilang enak cuma sekali hamil tapi langsung dapet dua, tapi ada juga yang ogah coz satu anak aja udah repot apa lagi dua.
Sebenarnya alasan mana yang bisa diterima, biar tidak ada kesalahan lebih baik kita belajar bersama tentang ciri-ciri umum anak kembar dilihat dari beberapa aspek.

KELAMBATAN PERKEMBANGAN

Anak kembar cenderung mengalami kelambatan perkembangan fisik, mental, motorik dan berbicara dibandingkan anak-anak tunggal pada usia yang sama. Kelambatan ini maungkin disebabkan karena kerusakan otak atau kelahiran sebelum waktunya, tetapi lebih banyak karena dilindungi oleh orang tua.


PERKEMBANGAN FISIK

Anak-anak kembar cenderung lebih kecil dari pada anak tunggal. umumnya, hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa mereka belum cukup matang. Mereka juga lebih sering menderita kerusakan otak dan cacat fisik lainnya dibandingkan dengan anak tunggal.


PERKEMBANGAN MENTAL
Persamaan mental antara kembar identik lebih banyak dari pada antara kembar non-identik, dan keadaan ini terus berlangsung sampai usia tua. Kembar identik juga memperlihatkan persamaan-persamaan yang kuat dalam hal kemampuan-kemampuan khusus, seperti bakat-bakat musik dan artistik.

PERKEMBANGAN SOSIAL

Anak kembar cenderung bersaing untuk memperoleh perhatian orang dewasa, cenderung saling meniru perilaku, bicara dan cenderung saling bergantung satu dengan yang lainnya dalam pergaulan pada masa prasekolah. Dengan bertambahnya usia mereka, maka berkembanglah persaingan antara mereka. Salah satu diantaranya biasanya berperan sebagai pemimpin dan memaksa yang lainnya menjadi pengikut. Hal ini mempengaruhi hubungan mereka dengan anggota keluarga yang lain dan dengan orang-orang diluar keluarga.

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN


banyak anak kembar mengalami kesulitan dalam mengembangkan identitas pribadi. Hal ini terutama terjadi pada kembar identik dan kembar non identik dengan jenis kelamin yang sama. Anak kembar yang lain menikmati hubungan kekembaran yang erat dan mereka senang atas perhatian yang mereka peroleh sebagai akibat dari penampilan yang sama. Keadaan ini menimbulkan rasa puas diri dan percaya diri



0 komentar:

Posting Komentar

.